Kesan-Kesan Awal Menggunakan Pentab

Advertisement

Kesan-Kesan Awal Menggunakan Pentab

Ad. zunas
Rabu, 15 November 2017

Pentab

Halo teman-teman pembaca marupen.net sekalian. Semoga kalian sehat selalu dan masih semangat untuk belajar menggambar. Kali ini mimin bakal berbagi pengalaman sekaligus curhat (ehem) saat awal-awal menggunakan pentab. Langsung saja ya.

Naaaah, apa kalian belum pernah mencoba menggunakan pentab?Atau teman-teman sedang bingung dan ragu memutuskan untuk membeli pentab atau tidak? Akan saya ceritakan pengalaman saya dan beberapa teman saya di facebook ketika awal-awal menggunakan pentab. Semoga saja bisa menjadikan pertimbangan kalian untuk memutuskan apakah mau membeli pentab atau tidak.

Maret 2017 saya memutuskan untuk membeli pentab dengan beranggapan bahwa pentab akan sangat membantu meningkatkan skill menggambar saya terutama untuk gambar digital. Tetapi semua tidak semudah kelihatannya. Banyak hal yang membuat saya menjadi agak sedikit frustrasi saat itu. Mari kita bahas satu per satu kesan-kesan awal penggunaan pentab versi mimin.

Apa sih pentab itu?
Wacom Pentab

Pentab sendiri adalah singkatan dari Pen Tablet, yaitu Tablet yang dihubungkan ke laptop atau komputer digunakan untuk menggambar yang bagaikan menggambar dengan bantuan pen khusus. Pentab sendiri banyak sekali merk nya, beberapa di antaranya yang sangat terkenal adalah merk Wacom dan Huion. Pentab sendiri tentu saja sangat membantu artist profesional untuk menggambar dan membuat ilustrasi digital seperti menggambar di buku gambar langsung. Tetapi mungkin beda ceritanya kalau awal-awal saat kita menggunakannya. Hmmmm apakah opini itu benar? Apakah semudah itu menggunakan pentab?


Apakah mudah menggunakan Pentab? Kesan awal menggunakan pentab.

Wacom Pentab

Iya dan tidak. Menurut mimin, awal menggunakan pentab sangat sangat susah (hahaha). Mungkin banyak orang yang belum pernah menggunakan pentab beranggapan "wah menggunakan pentab enak, bisa langsung gambar di laptop kayak buku gambar dengan hasil gambar berformat digital" (atau mungkin cuma mimin yang beranggapan seperti itu hahaha). Kenyataannya adalah BIG NO. 

Saya merasakan sendiri kalau menggunakan pentab awal-awalnya sangatlah susah. Cara kerja pentab itu seperti ini, kita coret-coret di tabletnya tetapi pandangan kita ke layar laptop (akan sangat canggung di awal penggunaan). Jadi anggapan kalau menggunanakan pentab kayak menggambar langsung itu kurang tepat. Apalagi permukaan tabletnya yang licin sangat berbeda dengan permukaan kertas yang kasar. Butuh pembiasaan dan latihan yang cukup keras agar bisa menguasainya.


Apa yang membuat mimin bisa bertahan menggunakan pentab?

Huion Pentab

Memaksakan diri. Hal itu sangat benar. Beberapa teman di FB pernah menceritakan pengalamannya menggunakan pentab. Ada yang sangat antusias meskipun susah, ada yang frustasi juga, ada yang berpikiran untuk menjualnya kembali karena tidak bisa menggunakannya, bahkan ada yang sampai tidak menggunakannya setahun penuh karena benar-benar merasa kesusahan. Tetapi banyak dari mereka yang bertahan dan saya lihat gambar digital terakhir mereka (terutama yang berhenti setahun dan memaksakan berlatih karena sayang kalau tidak digunakan) sudah sangat bagus. Dari situ saya tahu bahwa tidak mungkin kita menguasai sesuatu kalau tidak melatihnya. Memang berat di awal, tetapi setelah menguasainya pentab akan sangat sangat membantu skill gambar digital kita.

Harga yang cukup mahal (terutama pentap yang merk Wacom) pasti akan membuat kita berpikir ulang dan berkata sayang jika tidak digunakan untuk berlatih. Jadi ya, mau tidak mau harus dipaksakan untuk berlatih karena teringat dengan harganya hahahaha.  


Jadi, menurut mimin saya jadi beli gak nih? (hahaha)

Wacom Bamboo
 
Menurut mimin, sebelum membeli pentab harus benar-benar mempertimbangkan beberapa hal. Antara lain,
  1. Mempertimbangkan harga serta fitur-fitur Pentab yang akan kita beli. Apalagi jika kalian masih pelajar dan meminta orang tua kalian untuk membelikan, pastikan jangan memberatkan beliau kalau kalian belum benar-benar membutuhkan pentab itu.
  2. Pastikan skill menggambar manual kalian (dengan menggunakan pensil, balpoin, dan buku gambar) sudah mumpuni. Karena saya pernah mendengar statement dari seorang artist, "percuma kita membeli alat-alat mahal yang bagus kalau skill menggambar masih kurang dan tidak ada usaha untuk berlatih". Jadi, tetap saja skill gambar kita juga harus mencukupi sebagai dasar untuk melangkah (upgrade) ke alat baru yang lebih canggih dan bagus. 
  3. Bersiap-siaplah untuk berlatih sangat keras. Karena awal penggunaan pentab, kalian akan sangat membutuhkan adaptasi atau pembiasaan dengan alat baru tersebut dan semua itu membutuhkan waktu yang tidak sebentar dan usaha yang tidak sedikit untuk membiasakannya (meskipun waktu setiap orang berbeda-beda juga sih) 
  4. Jangan menyerah hanya karena belum menguasai pentab. Cari tutorial-tutorial dari internet dan berlatih secara konsisten dan bertahap maka akan membuat kalian menjadi terbiasa. Kunci utama adalah membiasakan diri. Kalau kita sudah terbiasa dengan pentab itu, maka kita akan lebih mudah untuk mempelajari teknik-teknik menggambar digital.

Hmmmmm sekian dulu curhat dan pengalaman dari mimin ketika awal-awal menggunakan pentab. Mungkin jika teman-teman ada yang mau berbagi juga, silakan bisa menulisnya di kolom komentar di bawah. Pengalaman kalian akan sangat membantu teman-teman yang baru mempertimbangkan untuk membeli pentab.

Jangan lupa ikuti terus postingan marupen.net karena akan ada berbagai hal baru setiap hari yang berhubungan dengan alat gambar, tips dan tutorial menggambar serta berita seputar anime, dan info-info seru lainnya.

Sekian untuk postingan kali ini, terima kasih atas perhatian teman-teman pembaca semuanya, dan sampai jumpa lagi di postingan mimin selanjutnya.